Ki Hadjar Dewantara menekankan bahwa tujuan pendidikan
itu ‘menuntun’ tumbuhnya atau hidupnya kekuatan kodrat anak sehingga dapat memperbaiki
lakunya. Oleh sebab itu keterampilan coaching perlu dimiliki para pendidik untuk menuntun
segala kekuatan kodrat (potensi) agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan
sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Proses coaching sebagai komunikasi pembelajaran antara guru dan murid, murid diberikan ruang kebebasan untuk menemukan kekuatan dirinya dan peran
pendidik sebagai ‘pamong’ dalam memberi tuntunan dan memberdayakan potensi yang
ada agar murid tidak kehilangan arah dan menemukan kekuatan dirinya tanpa
membahayakan dirinya.
Kompetensi inti coaching:
* Kehadiran Penuh/Presence
* Mendengarkan Aktif
* Mengajukan Pertanyaan Berbobot
* Mendengarkan dengan RASA
Pertanyaan berbobot memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Hasil mendengarkan aktif: Menggunakan kata kunci yang didapat dari mendengarkan
- Membantu coachee: Membuat coachee mengingat, merenung, dan merangkai fakta sehingga dapat memahami apa yang terjadi pada dirinya
- Bersifat terbuka dan eksploratif: Struktur kalimat terbuka, membuat coachee harus menjawab sambal berpikir
- Diajukan di momen yang tepat: Tidak terburu-buru dalam mengajukan pertanyaan dan ditanyakan di waktu yang coachee sudah siap memprosesnya
Setelah
kita mengetahui ciri-ciri pertanyaan berbobot, tentunya kita perlu mengetahui bagaimana kiat-kiat untuk mengajukan pertanyaan berbobot. Kiat-kiat yang dapat
kita coba adalah sebagai berikut:
1.Merangkum
pernyataan-pernyataan coachee dari hasil mendengarkan aktif.
2.Menggunakan
kata: Apa, Bagaimana, Seberapa, Kapan dan Dimana, dalam bentuk pertanyaan
terbuka
3.Menghindari
penggunaan kata tanya “mengapa” karena bisa terasa ada “judgement”. Ganti kata “mengapa” dengan “apa sebabnya” atau “apa yang membuat”
4.Mengajukan
satu pertanyaan pada satu waktu, jangan memberondong
5.Mengizinkan
ada “jeda” atau “keheningan” setelah coachee selesai bicara,
tidak buru-buru bertanya. Juga izinkan ada keheningan saat coachee memproses
pertanyaan
6. Menggunakan
nada suara yang positif dan memberdayakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar