Rabu, 30 November 2022

REFLEKSI PEMBELAJARAN ELABORASI PEMAHAMAN MODUL 1.2. NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 


NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Nilai-nilai Guru Penggerak antara lain Berpusat pada Murid, Nilai Mandiri, Nilai Reflektif, Nilai Kolaboratif, Nilai Inovatif

Peran Guru Penggerak diantaranya Pemimpin Pembelajaran, Menjadi Coach Bagi Guru Lain, Mendorong Kolaborasi, Mewujudkan Kepemimpinan Murid, Menggerakkan Komunitas Praktisi, Berpihak pada Murid

Nilai Berpusat pada Murid
Nilai ini mensyaratkan bahwa seorang pendidik harus mengutamakan kepentingan murid, terus memberdayakan dirinya serta memanfaatkan asset/kekuatan yang ada untuk menyediakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang positif serta berkualitas bagi muridnya. Memahami karakteristik setiap siswa dan mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sesuai minat dan bakat siswa. Misalnya menumbuhkan motivasi intrinsik siswa dikelas yaitu dengan memberikan reward yang positif dari hasil yang  dikerjakan, memberikan semangat untuk belajar dari tokoh inspirasi teladan, membiasakan tampil kedepan untuk menguji ketahanan mental anak dengan menjadi pemimpin didepan kelas. Menciptakan desain pembelajaran yang menarik bagi siswa dalam pembelajaran, pembelajaran differensiasi akan menghasilkan hasil belajar siswa yang optimal.

Nilai Mandiri
Pendidik yang termotivasi untuk mengembangkan dirinya tanpa harus diperintah, tergerak untuk melakukan perbaikan diri demi meningkatkan kualitas kinerja dan hasil kerja. Guru yang mampu memotivasi diri sendiri untuk melakukan perubahan baik untuk diri sendiri atau lingkungan. Mengembangkan diri baik secara mandiri maupun adanya tugas dari sekolah. Contoh peran sebagai seorang guru yang mandiri, yaitu mengikuti berbagai macam kegiatan untuk mengikuti pelatihan atau workshop sehingga dapat meningkatkan kemampuan sebagai seorang guru. Baik kemampuan dalam mengelola pembelajaran yang inovatif dan berpihak pada murid maupun kemampuan di bidang lainnya. Kegiatan atau pelatihan yang diselenggarakan oleh kemendikbudristek secara daring seperti guru belajar dan berbagi yang bisa diikuti untuk meningkatkan kompetensi. Aktif mengikuti kegiatan MGMP, mengikuti webinar terkait dengan pembelajaran maupun peningkatan konten materi.

Nilai Reflektif
Guru yang memiliki nilai Reflektif senantiasa memaknai setiap pengalaman sebagai pembelajaran yang menuntun dirinya dan terus mengupayakan perbaikan kualitas kinerja dan hasil kerjanya serta menjadikan refleksi sebagai kebutuhan. Sebagai seorang guru diharapkan memiliki nilai reflektif, yaitu mampu dan selalu melakukan evaluasi terhadap setiap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Mampu menerima masukan dan berpikir terbuka sehingga bisa mengembangkan sikap positif dan menciptakan perubahan yang lebih baik. Seorang guru harus mampu merefleksikan pengalaman baru yang terjadi di sekeliling dan menjadikan bahan perbaikan untuk kegiatan mendatang. Sebagai seorang guru, harus melakukan reflektif dari setiap pembelajaran yang dilakukan. Meminta tanggapan siswa dan teman sejawat dari pembelajaran yang sudah dilakukan sebagai bahan perbaikan dari pembelajaran berikutnya.

Nilai Kolaboratif
Nilai ini menekankan pada kemampuan untuk membangun hubungan yang positif yang berbentuk komunikasi dan kerjasama dengan pemangku kepentingan di lingkungan sekolah untuk mengembangkan dan menciptakan proses pembelajaran yang  baik. Sebagai guru yang memiliki nilai kolaboratif harus menjunjung tinggi kepentingan bersama. Nilai kolaboratif yang dilakukan adalah berdiskusi dengan teman rekan sejawat dalam mendesain media pembelajaran, melakukan refleksi pembelajaran dengan rekan sejawat, terutama terhadap rekan sesama guru mapel, dan mengajak rekan guru untuk menerapkan pembelajaran yang memerdekakan murid serta berbagi ilmu dalam mendesain  media pembelajaran yang menarik yang sudah dipelajari

Nilai Inovatif
Seorang guru yang inovatif yaitu yang selalu memiliki gagasan segar dan tepat guna, memiliki pandangan yang luas, pantang menyerah dan jeli melihat peluang yang ada disekitarnya untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran murid. Dari hasil evaluasi dan refleksi di setiap pembelajaran dijadikan bahan perbaikan pembelajaran berikutnya. Mampu mendesain pembelajaran dengan menggunakan model atau metode yang inovatif sehingga siswa akan termotivasi untuk belajar. Melakukan inovasi dalam pembelajaran yang berpihak pada murid untuk mewujudkan merdeka belajar seperti melakukan pembelajaran dengan game agar siswa gembira dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COBA

 aku suka