Sabtu, 10 Desember 2022

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

Yang mendasari pembuatan rancangan tindakan :

·  Murid tidak suka dengan peraturan karena selama ini jika mereka melakukan pelanggaran, maka akan mendapatkan hukuman dan cenderung akan mempermalukan dirinya
·   Setiap anak memiliki kekuatan positif pada dirinya.
·  Kekuatan positif pada anak perlu senantiasa dituntun agar menjadi karakter yang melekat pada diri anak untuk mencegah terjadinya hal hal yang tidak didinginkan seperti kecurangan dalam ujian dan mengerjakan tugas, kurangnya rasa empati, anak tidak update dengan informasi, masih enggan bekerjasama, dan jarang melakukan refleksi.
·  Negara kita memiliki banyak budaya positif  yang  perlu dilestarikan dimulai dari diri dan kelas tempat guru mewariskan nilai-nilai budaya positif tersebut

Dampak pada murid yang ingin dilihat dari rancangan tindakan : 
·  Menciptakan murid yang merdeka dan disiplin diri yang kuat
·  Menumbuhkan budaya positif disekolah dengan meyakini nilai-nilai kebijakan universal

Bukti yang dapat dijadikan indikator bahwa tindakan ini berjalan dengan baik :
·  Terbentuknya “keyakinan kelas” melalui kegiatan kesepakatan kelas yang dilakukan wali kelas dan siswa
·   Siswa mampu menerapkan dan menjalankan “keyakinan kelas” yang telah dibuat

Penerapan budaya positif yang dilaksanakan dan yang menjadi pilihan adalah “jujur, kolaboratif, bernalar kritis melalui pembuatan kesepakatan kelas

Tahap 1. Perencanaan ( minggu 1 )
1. Menghadap kepala sekolah untuk menjelaskan pentingnya penanaman budaya positif & keyakinan kelas disekolah, serta meminta izin untuk mendiseminasikan bersama rekan guru
2.  Menyusun rencana untuk pelaksanaan pembuatan kesepakatan kelas
3.  Menetapkan kelas yang akan dilakukan tindakan yaitu kelas 7.2
4. Berkoordinasi dan berkolaborasi dengan wali kelas untuk membuat keyakinan kelas dikelas masing – masing

Tahap 2 Pelaksanaan ( Minggu ke 2 dan 3 )
1. Mengumpulkan rekan guru untuk melakukan diseminasi pemahaman materi dan budaya positif (keyakinan kelas & segitiga restitusi)
2. Mengawali dengan pembuatan kesepakatan kelas budaya positif (jujur, kolaborasi, bernalar kritis )
3.  Penanaman dan penguatan nilai budaya positif dikelas
4.  Memantau keyakinan kelas yang telah dibuat
5.  Menyimpulkan

Tahap 3 refleksi ( minggu  ke 4 )
·   Merefleksi, dan mengevaluasi keyakinan kelas yang telah dibuat

Bahan, alat, atau pihak yang dibutuhkan untuk menjalankan tindakan dan cara mendapatkannya :
·  Dukungan dari kepala sekolah, rekan guru, serta murid agar tindakan yang telah disusun dapat dilakukan secara lancar dan menyeluruh
·    Sarana  dan prasarana untuk menumbuhkan budaya positif disekolah
.    Orangtua dalam melakukan budaya positif dirumah

Berikut hasil kegiatan desiminasi yang telah saya lakukan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COBA

 aku suka